16 Desember 2008

Koni Harapkan Dana Pelatnas

[JAKARTA] - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mengharapkan pemerintah segera mengalokasikan dana untuk menggelar pemusatan latihan nasional menghadapi 6 multilomba sepanjang 2009, yakni Asian Martial Art, Asian Youth Games, Asian Indoor Games, Islamic Solidarity Games, SEA Games, dan Para SEA Games.

Hal itu ditegaskan Ketua Umum KONI Pusat, Rita Subowo dalam dialog akhir tahun dengan para wartawan peliput Olahraga di Cisarua, Bogor, Sabtu (13/12). KONI mengharapkan dana direalisasikan karena pemusatan latihan dilaksanakan Januari 2009.

Di antara 6 multilomba tersebut, SEA Games yang akan dilaksanakan di Laos, 13-21 Desember 2009, menjadi prioritas. Tentang besarnya dana yang diperlukan untuk Pelatnas, Rita menyatakan sudah ada rinciannya dan tinggal disesuaikan dengan kesanggupan pemerintah untuk mendanainya.

Dalam dialog tersebut Rita mendapat berondongan pertanyaan tentang pemusatan latihan yang digelar Kantor Mennegpora melalui program atlet unggulan (PAL). Menurut Rita, menjadi hak KONI untuk merekrut atlet, melatih atau menyiapkan, dan memberangkatkan mereka ke enam kegiatan multilomba tersebut. ''Hal ini seusai dengan piagam Olimpiade dan UU Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional,'' papar Rita.

Dia tegaskan bahwa KONI tidak menentang program latihan yang dibuat Pemerintah sejauh itu tidak menabrak aturan yang berlaku. [A-11]

(Sumber: Suarapembaruan.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar