15 Januari 2009

Latihan Perdana Pelatnas Bulu Tangkis Ina

Pelatnas bulutangkis Indonesia mulai menjalani latihan perdana di Cipayung, Jumat (2/1/2009). Meski melakukan latihan bersama, porsi latihan diterapkan berbeda bagi setiap nomor jelang Malaysia Super Series 2009.

Pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan misalnya, pemain yang turun di ganda putra itu hanya menjalani recovery setelah menjalani turnamen di Copenhagen, Denmark.

Demikian pula dengan Sony Dwi Kuncoro yang turun di tunggal putra. Dia bersama pelatihnya Hendrawan fokus memperbaiki stamina yang terkuras usai menjalani turnamen invitasi tersebut.

Kasubbid Pelatnas Cipayung Christian Hadinata mengatakan, beberapa nomor memang diberlakukan berbeda. Tim pelatih kemungkinan melakukan itu berdasarkan kondisi terakhir pemain yang telah bergabung di Cipayung.

"Pemain yang baru tampil di Denmark kemungkinan tak bisa langsung digenjot staminanya. Mereka lebih memprioritaskan diri kepada pemulihan fisik untuk tampil optimal di Malaysia," ujarnya.

Sementara itu, di tiga nomor lain, peningkatan teknik kualitas langsung diberlakukan. Pasangan Nova Widianto/Lilyana Natsir di ganda campuran, Vita Marissa/Lilyana di ganda putri, hingga Adrianti Firdasari di tunggal putri langsung melakukan hal tersebut.

Mereka mendapat instruksi itu lantaran tiga nomor ?ganda putri, campuran, dan tunggal putri? tidak turun di Denmark. Mereka pun memiliki waktu persiapan lebih baik ketimbang dua nomor lainnya.

Bahkan, bagusnya persiapan tiga nomor itu membuat mereka diprediksi akan mampu bersaing. Terutama ganda campuran yang memiliki peluang lebih besar merebut gelar.

"Ganda campuran memang menjadi tumpuan Indonesia meraih gelar di Malaysia saat ini. Mereka memiliki persiapan yang lebih baik dan mumpuni untuk bersaing memperebutkan gelar," ungkapnya.

Sementara Nova bersyukur jika pelatnas masih memberikan kepercayaan tersebut, tapi dia menilai persaingan kali ini terbilang berat meski mereka diunggulkan meraih gelar ganda campuran di negeri jiran.

Yang jelas, dia dan Butet ? sapaan Lilyana ? akan berupaya maksimal mewujudkan keinginan tersebut. "Persiapan kami memang lebih baik, tapi itu sepenuhnya belum menjamin kami akan mudah memenuhi target. Kami akan berusaha keras terlebih dahulu sebagai tahapan merebut gelar tentunya," cetus Nova.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar